Review, Skincare

Skincare Korea Yang Halal?

Siapa sih yang ngga tertarik sama skincare Korea? Selain portrayal bintang iklannya yang selalu berkulit dewy dan bening, packagingnya pun selalu mengundang untuk dibeli, dari packaging unyu, minimalis sampai luxurious, tinggal pilih. Tapiiii, bagi saya, the BIG QUESTION is, adakah skincare Korea yang halal? Kenapa dibahas? Karena kalau solat harus bebas dari najis. Udah sih sesimpel itu. Hehe. Dan juga, di website resmi halalmui.org juga ada artikel dengan pembahasan yang sama, “Mengapa Kosmetika Harus Halal“. Mungkin ada yang berpikir, “emangnya kalo ga halal terus otomatis haram gitu LOL”, nah justru itu, kita ga tau kan itu halal atau tidak, dan jika tidak jelas, dalam agama Islam, lebih baik dijauhi.

BACA JUGA: SKINCARE WESTERN YANG HALAL?

Sebelum membaca lebih jauh, mohon membaca post sayaKenapa Saya Pilih Kosmetik Halal“, ada artikel MUI tentang pentingnya kehalalan kosmetik, ada poin poin yg menentukan kehalalan. Ditambah lagi pernyataan BPOM sendiri bahwa tidak berarti produk yang lolos BPOM otomatis halal karena yang berhak memastikan kehalalannya adalah LPPOM MUI. Di post tersebut saya juga menulis, sebagai alternatif kosmetik halal, saya selalu mencari kosmetik yang VEGAN/VEGETARIAN, dan inilah yang jadi “basic” dari bahasan ini. 

  • Vegan artinya sama sekali tidak mengandung bahan yang berasal dari hewan.
  • Vegetarian artinya tidak mengandung bahan yang berasal dari hewan kecuali honey, beeswax, lanolin.
  • Cruelty free itu tidak melakukan test terhadap hewan, bukan tidak mengandung bahan hewani.

Lalu ada juga yang masih bingung tentang alkohol dalam kosmetik. Jadi suatu produk akan lebih baik lagi jika alcohol-free, supaya gampang kan ya, no animal ingredients and no alcohol. Tapi, sesuai artikel di website MUI ini tentang halal haramnya alkohol, kandungan alkohol dalam kosmetik menjadi haram jika berasal dari industri khamr.

Jadi kembali, sebagai alternatif produk bersertifikasi halal saya pribadi selalu mencari yang:

  • VEGAN/VEGETARIAN
  • Kalau bisa free alcohol ya bagus tapi jujur sih ini bukan faktor yang menentukan kalau untuk saya.

YANG SUKA SALAH KAPRAH

Orang marketing itu memang pinter, dengan label alami, natural, organic, mereka menggiring pikiran customer bahwa, “oh jadi otomatis dari tumbuhan ya”.. Uhm, daging babi juga natural, daging kodok juga natural, natural apa sih maksudnya? Dari alam ya gampangnya. Jadi enggak, yang ada kata kata natural belum tentu bebas bahan hewani.

Lalu, so, jadi, sejauh pengamatan dan pencarian saya, berikut beberapa produk kosmetik korea yang halal yang memenuhi syarat tersebut di atas:

1. Klairs

SKIncare korea klairs halal dan vegan

Klairs atau Dear Klairs sih sebetulnya? Jadi saya tidak sengaja sebetulnya, ketemu dengan artikel “Klairs to step into the vegan cosmetic market in the future” di bawah section Newsroom website Klairs Cosmetic. Di sana disebutkan bahwa Klairs punya visi untuk menjadi vegan brand, tapi rancu apakah produknya 100% vegetarian friendly atau tidak, produk mana yang dimaksud. Lalu seperti biasanya kalau bingung saya tanya langsung ke brand ybs melalui email. Sayang sampai sekarang belum ada tanggapan.

Tapi karena penasaran, saya search keyword “vegan” di websitenya dan voila, saya menemukan artikel ini: A brief look at Klairs’ renewal history, di mana tertulis sebagai berikut:

Skincare korea klairs halal vegan
Visi vegan Klairs

Bagian yang dihighlight biru menyebutkan 90% produknya cruelty free dan vegan friendly dengan sisa 10% nya masih mengandung beeswax atau honey. Di paragraf lanjutannya jelas tertulis produk Klairs Rich Moist Soothing Serum dan Klairs Rich Moist Soothing Cream sudah vegan dan alcohol free (konsep dasar Klairs), jadi halal ya insyaAllah.

Skincare korea klairs halal n vegan
Klairs NO alcohol

Oh ya produk yang diklaim vegan friendly oleh Klairs adalah Supple Preparation All-Over LotionGentle Black Sugar Scrub, Klairs Rich Moist Soothing Serum, dan Klairs Rich Moist Soothing Cream. Selain produk produk tersebut, produk Klairs lainnya tidak mengandung beeswax ataupun honey kecuali Midnight Blue Calming Cream, dan Manuka Honey & Choco Soap.

Pada artikel KLOG ini disebut produk Klairs Gentle Black Deep Cleansing Oil, Klairs Supple Preparation Toner, dan Klairs Rich Moist Soothing Mask juga tidak mengandung bahan dari hewan, dari artikel tsb, “None of these products are labeled as certified vegan, but they all contain only plant based ingredients.”

UPDATE 19/7/17: Semua produk Klairs halal insyaAllah, woohooo! Berikut email jawaban dari pihak Klairs mengenai status produk vegannya:

Balasan dari Klairs mengenai status produknya

Yay another skincare products to put into my wishlist :p Adakah produk Klairs yang menarik hatimu?

2. CosRX

IMG_0499
Source

Untuk brand CosRX, saya langsung bertanya lewat email dan menanyakan apakah produknya ada yang VEGAN, dan jawabannya seperti ini (April 2016):

Skincare korea cosrx halal
Balasan email dari CosRX, CosRX tidak mengandung animal ingredient jadi insyaAllah halal (kecuali line Snail)

Karena di Korea konsep vegan itu kurang dikenal, wajar sih dia menerangkan “i dont know much about the meaning of vegan products”, tapi untungnya dia mengerti maksudnya dan menerangkan bahwa hampir semua produknya dibuat dari tumbuhan, biji bijian, dan bahan sintetis (buatan manusia), kecuali produk (range) snail dan honey.

Di artikel KLOG ini juga menyebutkan beberapa produk CosRX yang hanya mengandung “plant based ingredients”, yaitu CosRX Low pH Good Morning Cleanser, CosRX One Step Pimple Clear Pads, CosRX Hyaluronic Acid Intensive Cream, COSRX AHA 7 Whitehead Power Liquid, COSRX BHA Blackhead Power Liquid.

Tapi ya sebetulnya karena ada pernyataan seperti tertulis di email balasan di atas, selain snail and honey line, harusnya sih no animal ingredients semua ya.


UPDATE 19/7/17
: Karena penasaran, saya mengirim email sekali lagi untuk melihat konsistensi jawaban dari CosRX tentang produknya yang tidak mengandung animal ingredients kecuali line Snail dan Honey. Daan great news! Semua produk CosRX halal insyaAllah, kecuali line Snail. Berikut email jawaban dari pihak CosRX mengenai status produknya:

Balasan email dari CosRX

Jadi produk CosRX yang mengandung Snail Secretion saja yang harus dihindari. Yang lainnya yang mengandung beeswax, propolis dan honey tidak masalah ya insya Allah 🙂 Oh ya, selain 10 yang disebutkan di email tsb, produk-produk CosRX tidak mengandung bahan hewani sama sekali.

3. Belif

IMG_0500
Source

Saya tidak sengaja menemukan tentang ke-vegan-an brand Belif lewat artikel Bustle, yang kemudian mengarahkan saya ke website resmi Belif. And guess what? Di setiap halaman produknya tertera detailnya jika produk tersebut mengandung animal ingredients atau tidak.

Skincare korea belif halal vegan

Pada screenshot di atas, di poin “NO ADDITION OF” tertera animal-origin ingredients yang artinya produk ini tidak mengandung tambahan bahan yang berasal dari hewan. Bagaimana dengan produk Belif lainnya? Bisa ke halaman produk Belif Cosmetic untuk cek sendiri apakah produk yang diminati bebas bahan hewani.

4. Neogen dan R:EP

IMG_0505
Neogen Dermalogy

Berdasarkan artikel KLOG yang sama di atas, produk NEOGEN yang tidak mengandung bahan hewani di antaranya: Neogen Real Flower Cleansing Water in Calendula, Neogen Real Flower Cleansing Water in Rose, Neogen Bio-Peel Gauze Peeling (Lemon & Green Tea saja mungkin ya, Wine kan..) Neogen Blemish Soothing & Sebum Controlling Mask. Yang mengandung wine dan sake juga ada ya, ini ngga halal kemungkinan besarnya (yaiyalah).
Lalu R:EP atau Real Elemental Practice yang juga produksi dari Neogen Lab juga mostly free of animal ingredients.

Untuk brand ini kapan kapan saya research (ciaelah) lebih lanjut lagi, soalnya, walaupun Neogen ini sudah masuk ke Sephora, tapi di websitenya sendiri tidak menerangkan tentang masalah animal ingredients ini. Guess i’m gonna have to ask them directly. More update later ya insyaAllah.

UPDATE AGUSTUS 2017

Saya sudah mencoba menghubungi Neogen Lab tapi mentok, dan akhirnya menghubungi Sokoglam sebagai sumber yang menyatakan beberapa produk Neogen di atas free of animal ingrrdients. Sayangnya sudah sekitar 2 minggu merekapun belum mendapat balasan dari pihak Neogen tentang produk mana lagi yang mengandung NO animal ingredients. Anyway, from the last email respond from Soko Glam, i got a (confirmed) fun fact, which is Neogen Real Rose/Calendula Water can also used as hydrating toner. Atau semua beauty water nya korea begitu kah? Beda dari micellar waternya western brand? Amazing! Gawat semakin banyak saja ini wishlist saya hhahahaha.

5. Whamisa

Skincare korea whamisa halal vegan
Whamisa halal

Grrreat news! Whamisa insyaAllah halal, karena hampir semua produknya vegan, jikapun tidak vegan kandungan hewaninya hanya beeswax, honey dan royal jelly. Woohoo.

Whamisa ini terkenal sekali dengan Organic Flowers Deep Rich Essence Toner, yang sayangnya harganya bikin saya sesak napas, LOL.

Skincare korea whamisa halal n vegan
Whamisa vegan/vegetarian products

6. Aromatica

Skincare korea aromatica halal rose
Aromatica Rose Absolute range

Di website resmi Aromatica, jelas tertera bahwa semua produk Aromatica Vegan Certified, EWG Certified dan ECOCERT certified. Sudah lama saya gemes dengan brand ini tapi belum kesampaian beli.

Skincare korea aromatica halal
Aromatica non toxic dan vegan

Produk best seller dari brand Aromatica di antaranya Rose Absolute Vital Fluid, Rose Absolute First Serum, Tea Tree Balancing Emulsion, Organic Aloe Vera Gel, 95% Damask Rose Soothing Gel.

7. Primera

Saya tahu brand ini dari pembaca lho, thanks dear :*

Brand Primera punya beberapa produk yang dinyatakan No Animal Ingredients dan ada juga yang Eco Cert. Berikut produk dengan kriteria tsb:

  • Primera Wild Seed Firming Cream
  • Primera Wild Seed Firming Eye Cream
  • Primera range Super Sprout
  • Primera Miracle Seed Concentrate Oil
  • Primera Brightening Serum dan Cream
  • Primera range Organience
  • Primera range Pure Line

8. Enature

As i quote from Sokoglam’s page of Enature:

E Nature products do not contain any animal ingredients and are free of parabens, mineral oil and artificial fragrances.

Beberapa produknya yaitu: Moringa Cleansing Balm, Birch Juice Sleeping Pack, Birch Juice Hydro Essence, dll.

9. Products on GLOWRECIPE.com

SKincare korea halal glowrecipe
Source

Di page Glow Recipe tentang kurasi produk, pada salah satu poin ditulis bahwa “Product is not tested on animals and does not contain animal ingredients (with the exception of beeswax and certain types of gelatins).” Types of gelatins itu saya kurang ngerti maksudnya, tapi untuk nama lain dari gelatin (yang biasanya tercantum dalam ingredients list) di antaranya sbb:

Collagen Hydrolysate, Collagène Dénaturé, Collagène Hydrolysé, Collagène Marin Hydrolysé, Denatured Collagen, Gelatina, Gelatine, Gélatine, Gélatine Hydrolysée, Hydrolised Collagen, Hydrolysed Collagen, Hydrolyzed Collagen, Hydrolyzed Collagen Protein, Hydrolyzed Gelatin, Marine Collagen Hydrolysate, Protéine de Collagène Hydrolysé.

Jadi produk produk dari glowrecipe.com bisa yah jadi acuan skincare korea yang halal selama tidak mengandung gelatin. Brand yang ada di glowrecipe.com di antaranya Lee Ji Ham, Goodal, Huxley, Blithe, dll.

Blithe Products with no animal ingredients

  • Velvet Yam Pressed Serum
  • Vital Treatment Pulp Essence – 8 Nourishing Beans
  • Vital Treatment Essence – 5 Energy Root
  • Patting Splash Mask – Yellow Citrus & Honey
  • Patting Splash Mask – Rejuvenating Purple Berry
  • Patting Splash Mask – Soothing Green Tea
  • Crystal Iceplant Pressed Serum
  • Tundra Chaga Pressed Serum

Lee Ji Ham Products with no animal ingredients

  •  Tea Tree Pure Cleansing Water
  •  Vita Propolis Cream
  •  Tea Tree 80 Cream
  •  Tea Tree 30 Cleanser
  •  Probiotics Sleeping Cream
  •  Vita Propolis Ampoule
  •  Tea Tree 90 Essence
  •  Vita Propolis NutriMask

J. ONE Products with no animal ingredients

  • J. One Jelly Cream
  • J. One Jelly Cleanser
  • J. One Hana Cream
  • J. One Black Jelly Pack
  • J. One Jelly Pack

[More list coming soon]

Other Things I Must Add

1. Various Famous Korean Beauty Brands

Jadi, tadinya saya mau memasukkan beberapa produk yang ECOCERT atau NO ANIMAL INGREDIENT dari macam macam brand yang sudah terkenal dan “umum” di sini. Sayangnya, seperti Innisfree dan The Face Shop, Etude, Skinfood, Nature Republic, Amore Pacific, dll. Kesemua brand tersebut dijual di Cina (bisa dicek dengan cara search di google dengan keyword”[ketik nama merek] china, kalau ada websitenya ya berarti dijual di Cina) yang mana mewajibkan animal testing sebelum produknya dijual di sana. Jadi ya… saya bingung hahaha.

2. Snail Secretion / Lendir Siput Halal?

Saya sudah beberapa kali dengar “argumen” ini dengan alasan MUI menyatakan bekicot haram dimakan tapi halal untuk obat.

Okay first, saya cari nggak ketemu juga tuh di website resmi MUI tentang hal tersebut, adanya dari website lain yang juga tidak menyebutkan sumber aslinya.

And then second, obat kan bukan kosmetik. Kosmetik bukan obat. Obat hidup dan mati, sehat nggak sehat dalam artian sebenarnya, sementara kosmetik nggak ada hubungannya sama hidup dan mati. More on that read here. Di BPOM juga dari sistem penomorannya jelas, antara obat, kosmetik, suplemen dan makanan biasa, kode depannya beda. So there. But hey, correct me if i’m wrong 🙂

Western skincare & make up yang bisa jadi alternatif kosmetik halal?

Sudah lumayan banyak ya, kalau nemu lagi kapan kapan saya update ya InsyaAllah. INTINYA, kita cari produk yang tanpa kandungan hewan, kalau ada kandungan hewan ya dibatasi pada yang sekiranya tidak ada proses penyembelihan misalnya beeswax, honey, lanolin, atau yang walaupun dia bangkai tetap halal such as fish. Ohya mohon maaf saya tidak bisa bantu banyak tentang brand A, produk B halal atau tidak. You can sure do your own research 😉

Semoga bermanfaat!

137 thoughts on “Skincare Korea Yang Halal?”

  1. Huxley glow awakening halal ga yaaaa ? Ada glycerinenya soalnya dan gatau itu nabati atau hewani. Kl hewani katanya bs dr lemak babi. Pengen bgt beli padahal 😭

    Like

  2. Alhamdulillah.. Tabarakalloh.. Makasih mba artikelnya amat sangat membantu aku banget.. Akhirnya gak galau beli cosrx..

    Like

  3. Assalamualaikum mba prima, alhamdulillah saya ketemu blog mba prima ini. Tapi yg saya khawatirkan ternyata skincare yg saya pake ngga masuk list skincare halal yg mba tulis.

    saya baru mulai pake toner calendula real floral dari merk NACIFIC/Natural Pacific. Bisa minta tolong dibantu mba apakah produk tersebut halal atau tidak ? Terimakasih

    Like

    1. Hai mbaa semoga bermanfaat ya.
      Nacific sy dah pernah cari dan sepertinya dia gak/belum vegan ya.. kl vegan pasti diumumin kok kaya cosrx,klairs,mamonde…

      Like

  4. Mba, kalo diy toner nasi ragi itu halal ga ya? Terus kalo kosmetik ada testing animal berarti haram ya mba?

    Like

    1. Hai mba.. toner nasi ragi.. itu bukan sake kan ya maksudnya? Jd gapapa lah hehe.
      Animal testing, abu abu mbak.. pilih yg vegan atau halalmui aja biar ga pusing hehe

      Like

  5. Wahh mba makasihhh tulisannya bermanfaat banget. Aku lg mulai pake skincare korea cosrx sama neogen. Baca ini jd legaa gituuu. Btw mba kalo produk secret key tau gak? Aku mau coba salah satu produk itu sih tp masih lack info 😦

    Like

    1. Hai mba alhamdulillah moga bermanfaat dan ga misleading.. secret key jangan dulu kali ya, dr dulu saya juga naksir sama brand ini, brand missha, brand dr jart ahhh gemasss bagus2 reviewnya.. tapi ya gitu, ga vegan, jangan dulu. Hehe

      Like

  6. Kak mau nanya dong. Kalau produk SKIN1004 kan sekarang lagi booming tuh. Mau tanya dong kak, itu halal gak sih saya cari sana sini nggak nemu nemu. Padahal reviewnya bagus bagis banget

    Like

  7. hai kak,i don’t know if you still reply because this thing has been uploaded long time ago
    but i’m still hoping you will.

    kak, kalau product some by mi dan skin1004 yang belakangan ini lagi hype itu halal gak kak? apalagi si some by mi. super duper galau aja gitu. soalnya belum nemu artikel yang membahas tentang kehalalan produk ini lebih dalam.

    Like

    1. Skin1004 websitenya bahasa korea mba hhhahaha gabisa bacanya sayah.. tapi sepertinya dia gak vegan. Some by mi juga enggak. Soalnya produk korea itu kalo dia vegan pasti akan dipublish “hey our products are vegan!” Kayak klairs, mamonde, aromatica, cosrx…

      Like

      1. Yahh sayang banget. Btw makasih loh mba di bales. Meski telat seenggaknya mbanya membantu saya mennetukan pilihan dan untungnya belum sempet beli alhamdulillah 🙂

        Like

      2. Iya mba sama sama. Tenang, makin banyak kok skrg produk vegan dan halalmui. Hehe

        Like

      3. Yahh sayang banget. Btw makasih loh mba di bales. Meski telat seenggaknya mbanya membantu saya mennetukan pilihan dan untungnya belum sempet beli alhamdulillah 🙂

        Like

  8. hai mba,mau tanya dong klo produk dari peripera gimana ya..?
    aku udah tanya sih ke periperanya tapi belum direplay jg sampe sekarang.
    bisa dibantu ya mba ..hehe terimakasih

    Like

  9. kalau aku sih nyaranin Buza Collagen by bunga zainal harganya murah juga, awalnya kyk mikir kalau produknya artis g bgs gt kan, ternyata setelah coba beneran putihan nih kulit, terus jadi gak kering… rambut juga jadi gak rontok wkwkwkwk… ada kemajuan setelah 1 minggu pemakaian..

    Like

  10. thank you so much for this article. this help me. hope MrsPrimadewi could give more informations about beauty products.
    Great!

    Like

  11. Assalamualaikum mba..
    Mohon pencerahannya mba.klo produk korea some by mi apa itu halal mba? Trmksh bnyk sebelumnya mba.wasalam 😊🙏

    Like

    1. Saya sdh coba googling ttg somebymi apakah vegan/non animal ingredients tapi belum nemu mba.. saya juga tertarik tapi jadi nggak jadi deh hehe

      Like

  12. Mbaa, kalo CosRX Aloe Soothing Sun Cream halal gak mba ? Wudhu friendly juga gak ya ? Atau ada rekomendasi sun cream or sunscreen yang widhu friendly gak kak ? Please, help 😦

    Like

Leave a comment