Motherhood, Opinion, Resources, Review, School

Kiddo Story: Pilih Pilih TK (Taman Kanak Kanak) di Semarang

Si sulung sudah mau 4 tahun! Saatnya masuk TK yeay!

Cari sekolah yang pas untuk anak tercinta ternyata ga gampang, at least buat mama rempong sok idealis kaya saya ini LOL. Padahal baru TK, gimana nanti SD?? Hahaha
Ini TK di Semarang yang sudah saya survei (ke lokasi juga):

1. Leaps N Bounds

Lokasinya di dekat Akpol Sultan Agung. Gedungnya kecil compact lucu gemesin. Sayangnya semua kegiatan indoor. Dan waktu ikut trial di sini, walaupun konsepnya saya tertarik (baca baca dari websitenya), ternyata aplikasinya tidak membuat saya jatuh hati.

Kelebihannya menurut saya, di sini banyak mainnya, bahasa pengantar bahasa inggris, ada kegiatan olahraganya tiap hari jumat kalo ga salah, dan biaya masuknya murah meriah.

Biaya masuk di sini (tahun 2015) Rp 700.000, dan SPP nya sekitar 800.000-1.000.000/bulan.

2. Taman Belia Candi

Lokasinya di area Tanah Putih Semarang. Fasadenya sih tampak baru ya, tapi dalamnya tampak tua, gimana ya, ya keliatan lah ini bukan bangunan baru dan finishing dan furniturenya looks kinda old. Dan agak sumpek sih rasanya waktu diajak masuk (tour) ke sentra sentra nya.

Concept wise i really love it. Belajar sambil bermain, bermain sambil belajar, tapi juga ga anti calistung. Tetap diajari calistung tapi santai (katanya). Mainan dan alat peraga nya buanyaaaakkk.. Its gonna be fun lah kalo masuk TK di sini.
Biaya masuknya sekitar 7juta, dan SPPnya sekitar 500ribu/bulan.

3. Bukit Aksara Tembalang

Lokasinya di jalan utama menuju UNDIP Tembalang. Bangunannya integrated sama SD Bukit Aksara. Lumayan lega sih tempatnya. Sayang di sini 100% tanpa AC (hey a bit of air conditioning wouldnt hurt right).

Di sini mainan dan alat peraga nya juga banyak. Menyenangkan lah pastinya. Cuma yang saya kurang sreg di sini adalah, konsep anti calistung nya. Like the real anti, say no to calistung sejak dini. Saya sempat dijelaskan panjang lebar tentang ini. And though it makes total sense, i dont think i want to make myself extra repot dengan mengajar anak calistung di rumah. Mengarahkan sedikit ga masalah lah dengan acuan dari apa yang dia dapat di sekolah, tapi ngajarin full? I’ve got my hands full already, thankyou.

Biaya masuk di sini saya agak lupa, kalau tidak salah sekitar 9-10juta, dan SPP antara 700-900ribu.

4. Al Azhar Tembalang

Lokasinya di Tembalang ke arah Banyumanik tepatnya jalan Klentengsari. Sebelahnya ada masjid Al Azhar, masjidnya besar nyaman dan baguss.

Saya tidak masuk ke dalam kelasnya, konsepnya sendiri kurang lebih seperti TK Islam pada umumnya, metode pembelajarannya adalah sentra.

Biaya masuknya per 2016 sebesar 12juta dan SPPnya 600ribu/bulan.

Kiddieland Montessori

Lokasinya di daerah Argopuro, enak deh surroundingnya adem banyak pohon. Di depannya ada kafe pula hahaha. Waktu survei ke sini terus terang saya langsung jatuh cinta sama sekolah ini. Tempatnya bagus tapi homy. Bersih tapi tetep kerasa feel “untuk anak anak” nya.

Konsepnya sih sudah jelas Montessori ya, walaupun saya aplikasinya saya yakin tidak seperti Montessori yang asli, katena waktu saya bilang mau masukkan anak ke Play Group, pertanyaan pertamanya adalah “anaknya sudah bisa pegang pensil dengan benar bu?”. Play group lho ini bahasannya belum TK. The real montessori isnt like that.

Uang masuknya sekitar 6juta tapi tiap tahun harus bayar lagi (namanya uang apa saya lupa). Dan SPPnya per bulan sekitar 2juta.

Semesta Bilingual School

Lokasinya di jalan Setiabudi Semarang. Bangunan baru, areanya bersih bagus dan area outdoornya cukup luas. Bangunannya terpisah dari bangunan SD dan orangtua bisa ngintipin kegiatan anaknya dari luar walaupun gelap karena dilapis kaca film.

Untuk konsepnya menurut saya tidak stand out, biasa aja, tapi jelas dan terarah. Untuk TK A mostly kegiatan melatih motorik halus dan TK B kegiatan belajar calistung. Guru gurunya attentive dan kelihatan sabar sekali (love). Walaupun bilingual tapi penggunaan bahasa inggrisnya lebih banyak daripada bahasa indonesia.

Biaya masuknya sekitar 8juta (early bird dapat diskon) dan SPP nya sekitar 1juta per bulan.

Wow ternyata banyak juga ya sekolah yang saya survei ๐Ÿ™‚ lalu TK mana yang jadi pilihan? Kalau ada waktu dan kesempatan nanti saya post tentang kegiatan sekolah si sulung ya ๐Ÿ˜‰

Semoga bermanfaat!

80 thoughts on “Kiddo Story: Pilih Pilih TK (Taman Kanak Kanak) di Semarang”

      1. halo mbak boleh tauanaknya jdi tk dan sd dmna?saya bener2btuh referensi trimakasih

        Like

      2. halo mba saya jg lg bngung nih cari PG sama TK yg bagus, jadinya anaknya dskolahkan dmana?

        Like

    1. Halo mbak, kl boleh tau akhirnya kakak sekolah dimana? Dan bagaimana reviewnya?
      Kebetulan jg lg nyari TK. Trimakasih..

      Like

    1. Hi mba innes, anak saya langsung TK kok. Tadinya mau di toddler atau playgroup, tapi di sekolah yang saya agak naksir tidak mau kalau anak “dipaksa” segera ditinggal di sekolah, so i thought, whats the point?? Id rather teach her things at home.
      Toddler/PG yang saya pernah survei itu bukit aksara, taman belia candi, kiddieland, dan leaps n bounds. BA dan TBC full bhs indo, kiddieland dan LNB english.
      Hope that helps ๐Ÿ™‚

      Like

  1. halo, Mbak. Salam kenal, saya Astri, sedang mencari-cari PG dan TK di Semarang. Boleh tau kah, jadinya anaknya sekolah dimana dan reviewnya ๐Ÿ™‚
    Matur nuwun sangeet

    Like

  2. hai mbaa, jadinya si kakak masuk ke TK apa? Reviewnya gimana mba setelah masuk? Gurunya care kah sama anak? Udh pernah survey ke hidayatullah blum mba? matur nuwun mba.

    Like

  3. Hai mb
    Anak saya cewe 2th 9bln agak speech delay nih
    Enaknya di sekolahin atau gmn ya?
    Trs menurut pandangan mb saya harus sekolahin dmn ya mb
    Si kakak akhirnya TK dmn nih mb?
    Please reply ya mb
    Thanks

    Like

    1. Hai mba annisa.. speech delay sudah “vonis” dari dokter atau gimana mba? Soalnya anak sy juga agak lama paham diajak komunikasinya tp akhirnya bisa lancar cerewet banget..

      Kl anak teman saya ada yg disekolahkan k playgroup dkt rumahnya bkn playgroup khusus gitu, dan sdh lbh lncr bicaranya krn d skolh kn otomatis lbh terstimulasi..tp ya tiap hr ditungguin ya sm temen sy itu hehe..

      Like

      1. Oiya anak teman saya itu speech delay juga.. Kalo kata ibuny, yg penting banyak distimulasi sehingga terangsang untuk bicara.

        Like

  4. Halo mbak…salam kenal saya mbak yuli sedang mencari2 PG dan TK Boleh tau anaknya mbak akhirnya disekolahkan dimana? Guru dan review dari sekolah itu bagus ga? Tolong review leaps and bounds nya juga ya mbak.. matur nuhun

    Like

  5. Assalamualaikum mb. Mohon maaf sebelumnya kita kira bisakah bunda memberikan informasi kepada saya tk dan sd yang jadi satu yang menurut bunda bagus? Saya tinggal di Samarinda. Jadi kurang paham dgn Semarang. Wassalamu’alaikum

    Like

    1. Waalaikumsalam mba. Mba Vebri maksud mba infonya tentang tk sd di semarang kan yah? Di semarang banyak mba yang jadi satu. Daerah semarang bawah yang saya tahu ada Isriati, Al Azhar, Nasima. Daerah ketileng ada tunas harapan. Daerah atas ada bukit aksara, hidayatullah, semesta, al azhar. Yang menurut saya bagus sejauh ini semesta dan al azhar mba.. dari segi lokasi dan bentuk sekolahnya. Mba mau pindah semarang?

      Like

  6. Assalamualaikum bunda. Mohon maaf sebelumnya apakah bunda berkenan memberikan masukan tk dan sd yang satu lokasi yang menurut bunda baik? Saya tinggal di Samarinda kurang paham daerah Semarang. Wassalamu’alaikum

    Like

  7. Assalamualaikum bunda. Saya tinggal di Samarinda jadi kurang paham daerah Semarang. Apakah bunda berkenan memberikan masukan kepada saya tk dan sd yang satu lokasi yang menurut bunda bagus untuk direkomendasikan?

    Like

  8. Assalamualaikum bunda. Saya tinggal di Samarinda jadi kurang paham daerah Semarang. Apakah bunda berkenan memberikan masukan kepada saya tk dan sd yang satu lokasi yang menurut bunda bagus direkomendasikan?

    Like

  9. Assalamu’alaikum..
    Halo, mba.. Saya lagi cari2 TK yang bagus di Semarang atas. Kalo boleh tau, akhirnya disekolahkan dimana, Mba? Makasih sebelumnya, mba..

    Like

    1. Assalamualaikumโ€ฆ. salam kenal Mbakโ€ฆ Sy Madina. Baru pindah ke Emarang dan sdng cari TK jugaโ€ฆ boleh tau review terbaiknya? Kakak jd TK dimana ya? Sy juga sdh survey bbrp. Jadi bisa jadi bahan pertimbangan jugaโ€ฆ makasih mbak prima

      Like

  10. haloha Mom….
    Salam kenal, saya Dewi. Sekarang ini juga lagi bingung cari-cari TK bilingual di Semarang.
    Boleh sharing donk, akhirnya si Sulung sekolah dimana sekarang dan reviewnya gimana juga ya?
    Makasih banget infonya nanti

    Like

  11. Mb jdnya kakak sekolah di.mana?saya jg baru pindah ke bnyumanik dan bingung cari sekolah buat anak di pertengahan th ini, mksh infonya

    Like

      1. Hi mbaa..boleh tau anaknya jadi tk dimana?trus ada rekomendasi pg yg bagus ga mba?terima kasih

        Like

  12. mbak … saya juga mau daftarin anak ke paud. Anak saya ini cowok dan disini kurang temannya jadi emang niat masukin ke PAUD biar “bergaul”. jadi anaknya jadi sekolah dimana ?

    Like

    1. Halo mba nanti saya balas d email ya tentang sekolahnya.
      Kalo mengenai supaya bergaul, dulu saya juga punya pikiran sama dengan mba. Tapi waktu saya tanya ke psikolog anak, beliau jawab untuk anak seumur ini yang paling dia butuhkan adalah ibunya, dia belum buth teman, blm butuh sekolah. Sebetulnyaa.. Tapi dari yang saya survei kemarin mba, ada 2 paud yang menarik menurut saya, konsepnya mirip, yaitu Taman Belia Candi dan Bukit Aksara. Dua PAUD ini saya lihat child oriented sekali, sampai sampai ibunya gaboleh ninggal anaknya sekolah kalau anak belum siap ditinggal sekolah sendiri. Oya selain itu berat di bermain nya, tidak ada latihan pegang pensil dan tracing dini

      Like

      1. Mba sy boleh tau dimana anaknya disekolahkan,thn ini anak sy juga masuk TK tapi bingung

        Like

  13. Hi Mba…finally sekolah dimana anaknya? Saya bingung mau daftar in dimana anak saya, dia cowok n aktif banget. Boleh diemail ya Mba infonya…makasih:)

    Like

  14. Assalamuโ€™alaikum..
    Hai mba.. Salam kenal sebelumnya ya ๐Ÿ˜‰saya baru pindah ke semarang dan ga kerasa bln agustus putri cantik ku udh mau 4y. Saya lagi cari2 TK Islam yang bagus di Semarang. bisa sharing info ga mba kira2 referensi tk islam yg bagus dmn ya? Owya saat ini sy tinggalnya di daerah pandanaran hills. Btw, Kalo boleh tau, akhirnya si kecil disekolahkan dimana, Mba? Jazakillah khoir mba ๐Ÿ™๐Ÿ™

    Like

  15. Assalamu’alaikum
    Mbak, sy juga sedang cari2 sklh TK Islam yg Bilingual di Semarang, baca dr kisahnya akhirnya sklh dmn ya? Anak saya cew yg mw saya. Mohon bisa dibantu utk pencerahannya. Thanks

    Like

  16. Assalamualaikkum,. salam kenal mb. saya wahyuna, tinggal disemarang juga. Kalo boleh tahu akhirnya si kakak sekolah dimana mb,. dan alasan memilihnya dan biayanya (bila diperbolehkan) buat refernsi juga mau sekolahin si kecil,. makasih mb sebelumnya

    Like

  17. Assalamualaikum…
    Trimakasih Bunda, informasinya cukup membantu dlm mempersiapkan putri saya utk mulai sekolah…kalau boleh tahu, pilihan Bunda akhirnya dimana? mungkin sekaligus alasannya dan kalau tidak keberatan utk biayanya..
    Trimakasih sebelumnya

    Like

  18. Assalamualaikum,, makasih bgt reviewnya Bunda, sgt membuka wawasan.
    Mau tanya juga, wktu dijelaskan sma psikolog dlu bahwa anak lbh butuh ibunya, itu anak umur brp thn y Bun?
    Anak sya skrg 2,5 thn. Pengen cari PG gtu (krn ga punya temen sebaya di lingkungan rumah). Klo menurut Bunda Nashima sama Leaps n bounds ok an mana? Trus pernah ke Pelita Hati ga?
    Klo boleh tau pilihan Bunda akhirnya ke sekolah mana buat kakak?
    Terima kasih sblmnya n maaf banyak pertanyaan…

    Like

    1. Halo mba Ida ๐Ÿ™‚ waalaikumsalam. Terimakasih juga sdh baca share saya.
      Dulu saya konsul waktu anak usia 3 tahun mba. Sekarang anak saya 4,5 tahun, masuk TK wkt kmrn usia 4 tahun.. tidak masuk playgroup sebelum TK, dan rumah saya juga tidak ada tetangganya kok hehehe jadi anak saya tidak terbiasa bersosialisasi. Tapi alhamdulillah sewaktu Masuk TK pertama kali lancar sekali kok mba ๐Ÿ™‚ malah dia puas banget masa masa sama mamanya full 4 tahun hehe. Utk sekolahnya dimana dan pndpt sy ttg dua sekolah tsb maaf via email ya mba. ๐Ÿ™‚

      Like

  19. Hai mba, bisikin jg dong akhirnya pilih tk yg mana, sekalian review nya ya, makasih sharingnya.. Kebetulan saya jg mau pindah ke semarang tahun ajaran baru ini ๐Ÿ™‚

    Like

  20. Assalamualaikkum,. salam kenal mba. saya tinggal disemarang juga. Kalo boleh tahu akhirnya si kakak sekolah dimana mb,. dan alasan memilihnya dan biayanya (bila diperbolehkan) buat referensi juga mau sekolahin putri sayal,. makasih mb sebelumnya

    Like

  21. Hai mbak, saya juga ikutan penasaran akhirnya disekolahin dimana. Tolong bisikin jawabannya via email y mbak hehe..akhirnya TK dimana dan kemungkinan besar akhirnya memutuskan akan SD dimana plus alasannya. Cz saya sebenernya jatuh hati sama satu sekolahan yg direview sama mbak, tp kok blm mantap. Makanya penasaran nii akhirnya sekolah dimana. Thanks in advance mbak..

    Like

  22. Ooh my biaya sppnya mengerikan ya walaupun Tk tapi sama kaya sy kuliah dulu. Hehe memang kualitasnya Bagus juga sih. Tp blm sanggup sekolahin anak di situ

    Like

    1. ๐Ÿ™‚ kalo kata pakar anak, nyekolahin anak selain sekolahnya bagus juga harus sesuai kemampuan orangtua (lokasi juga baiknya yang dekat juga). Hehehe

      Like

  23. Tk mana bunda akhirnya si adek?? Dan bisik2 jg biaya yaa bunda..dl masok TK usia brp bund makasih

    Like

  24. Hai mbak, ak juga mau donk dibisikin sekolah dmn n reviewnya, anak2 rencana mau ak pindahin ke smrg, klo yg dipilij skolah basis islam boleh dibisikin gmn review tahsin n tahfidznya ya mba,, makasii

    Like

  25. halo mba, akhirnya anaknya sekolah dmana ya mba? dan mnurut mba gmana ttg sistemnya di sekolah itu bagus atau standar? saya jg lg bngung cari2 skolah yg bagus.. makasih mba sblumnya..

    Like

  26. Jadi ikutan kepo mbak hehehe…
    Salam kenal yaa…saya geeta, tinggal di semarang jg. Pgn tau akhirnya kk skolah dmana mbak? Blh minta kesannya #halah gmna stlh skul dsna…
    Lagi cari2 info paud jg soalnya…yg deket rmh siy bukit aksara n al azhar tpi yg ditaksir kiddieland montessori xixixi..
    Mohon masukannya ya mbak…suwuun…

    Like

  27. Bunda mohon infonya ya anaknya sekolah di mana sekarang , maaf saya baru pindah dari jakarta jadi kurang paham sekolah di semarang bunda

    Like

  28. Halo mba dewi saya hayu. Kebetulan saya ada rencana mau pindah ke semarang.

    Kalau boleh tau, apa sekarang kk sudah sd? Sd nya di mana ya mba. Mau ikut jeja nya mba dewi ๐Ÿ˜Š

    Terimakasih sebelum nya

    Like

  29. Hai bunda.. boleh tau akhirnya pilihan jatuh kemana untuk TK nya? Minta refensi ya bunda.. saya juga baru cari2 TK untuk anak saya.. Dan apakah bunda punya info untuk TK Buah Hati (deket ADA Banyumanik). Terimakasih banyak Bunda sebelumnya.. ๐Ÿ™

    Like

Leave a comment